2juh.com – Berita Travel | Wisata bawah laut memiliki keindahan yang tak kalah dengan wisata yang ada di darat. Keindahan wisata seperti menyelam (diving) ataupun snorkeling menjadi salah satu cara menikmati wisata bawah laut yang sangat mengagumkan. Melihat terumbu karang sebagai rumah bagi ikan atau biota yang unik dan menarik dibawah laut menjadikannya sebagai pemandangan indah untuk dinikmati.

Beberapa tempat yang menawarkan spot terbaik pariwisata menyelam (diving) yang menganggumkan di dunia adalah:

Raja Ampat (Indonesia)

Keindahan dan kekayaan bawah laut Raja Ampat yang terletak di Papua Barat sangat menggoda untuk dijelajahi. Ada lebih dari 76 spot diving yang bisa dinikmati dan waktu terbaik untuk menyelam adalah pada bulan Oktober sampai April. Raja Ampat juga memiliki spesies ikan terbanyak serta terumbuh karang tertinggi di dunia dan mempunyai hampir 75% spesies terumbuh karang dari seluruh belahan dunia.

@ disadur dari papua-diving.com

Fernando de Noronha, Brazil

Salah satu destinasi wisata menyelam di Brazil yang sangat mencuri perhatian penyelam di dunia adalah Fernando de Noronha yang berlokasi sekitar 254 km lepas pantai dari pantai Brazil. Pelancong bisa menikmati keanekaragaman kekayaan hayati yang dimiliki seperti penyu, tuna jack, jewfish raksasa, barracuda, kerapu dan kakap.  Lokasi Noronha adalah salah satu yang terbaik di dunia untuk scuba diving dan ombaknya sangat ideal untuk berselancar. Jika beruntung pelancong dapat melihat lumba-lumba dilepas pantai.

Great Reef Barrier, Australia

The great reef barrier adalah hamparan terumbu karang terbesar di dunia, yakni sepanjang 2300 km dan menjadi salah satu keajaiban dunia. The great reef barrier terdiri lebih dari 900 pulau dan 2900 terumbu karang yang membentuk rantai pinus yang spektakuler. Memiliki laut tropis yang jernih yang memiliki lebih dari miliaran polip karang, menjadikannya sebagai tempat organisme hidup terbesar di dunia. Jika berkunjung antara bulan Juni dan Desember pelancong dapat melihat berbagai jenis ikan paus, lumba-lumba dan pemijahan terumbuh karang tahunan.

Blue Hole, Belize

Blue Hole bukan satu-satunya objek wisata menyelam di Belize. Blue Hole terkenal dengan perairannya yang jernih dan tenang. Pengunjung dapat menyelam dan memandangi gugusan terumbu karang yang berada di sana sebagai kegiatan utama ketika berwisata. Sejarah dari blue hole berasal dari sekitar jutaan tahun silam yang merupakan sebuah gua purba dengan stalaktif dan stalagmite raksasa. Ketika zaman es berakhir, permukaan laut naik hingga menutupi gua tersebut. Hingga saat ini, blue hole menjadi salah satu destinasi wisata menyelam bagi para penyelam profesional dunia.

Pulau Maaya Thila, Maladewa

Maladewa merupakan salah satu destinasi terbaik bagi para penyelam untuk menikmati biota laut dan keindahan bawah lautnya. Pulau Maaya Thila memiliki terumbu karang menabjubkan yang berwarna warni, serta kehidupan karang, ganggang dan spektrum bawah laut yang sangat luar biasa. Pengunjung dapat menikmati kegiatan wisata menyelam disaat siang maupun malam hari.

@ disadur dari insightguides.com