5 Sayuran Hijau Yang Mampu Meningkatkan Produksi ASI

Related Articles

Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya asupan makanan bagi bayi yang baru lahir. Asi juga memiliki sejuta manfaat untuk kehidupan buah hati bunda, selain pemenuhan nutrisi ASI juga sebagai pembentuk daya tahan tubuh anak.

Namun banyak dari bunda mengeluhkan tidak bisa memberikan ASI yang cukup untuk si buah hati dikarenakan ASI yang sedikit atau ASI yang tidak lancar meskipun sudah mengkonsumsi makanan bernutrisi.

Sebagai ibu yang sedang menyusui, bunda tidak perlu khawatir terhadap produksi ASI bunda, karena banyak makanan pelancar ASI yang ada disekeliling kita yang bisa bunda konsumsi.

Berikut sayuran yang dapat meningkatkan prosuksi ASI: Sayur Katuk.

1. Sayur Katuk

Sayur katuk ini paling sering dikonsumsi oleh para bunda pasca melahirkan karena kaya manfaat terutama bagi ibu menyusui. Sayur jenis ini memilii kandungan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolactin. Kadar prolactin yang tinggi inilah yang menghasilkan dan mempercepat produksi ASI. Selain itu, daun katuk mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin A, B, C, K dan betakatoren, kalium, fosfor, zat besi, dan juga serat yang berfungsi sebagai antioksidan.

2. Bayam

Sayur ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dipercaya dapat membantu pembentukan sel darah merah terutama untuk ibu pasca melahirkan. Bayam juga kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium vitamin A, C, asam folat, natrium, kalium, tembaga, dan seng yang sangat baik untuk pertumbuhan buah hati serta kandungan Fitoestrogen yang sangat baik untuk melancarakan ASI pada ibu menyusui. Kandungan antioksidan pada bayam dikatakan sangat rendah kalori sehingga baik untuk menyehatkan jantung.

image source: www.usatoday.com

3. Daun Kelor

Tanaman ini merupakan tanaman yang dapat dikonsumsi dengan cara dimasak atau di ekstrak.  Daun kelor ini sangat baik untuk memperlancar ASI karena kaya berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun kelor memiliki kandungan protein, vitamin B6, Vitamin C, zat besi, Riboflavin (B2), Vitamin A (betakaroten), dan magnesium. Selain sangat baik dikonsumsi untuk ibu yang menyusui, daun kelor juga efektif untuk menstabilakan tekanan darah, gula darah, serta mengatasi anemia.

image source: www.jeevamrutfoods.com

4. Pare

Sayuran pahit ini ternyata mampu meningkatkan jumlah produksi ASI Bunda loh. Pare kaya akan folat, Vitamin K, Likopen, Fitokimia, Liutein, antioksidan dan Fitonutrien yang dapat membuat ASI bunda melimpah.

image source: www.prenagen.com

5. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui, karena dapat memperlancar produksi ASI. Sayuran yang sering diolah menjadi hidangan Sup ini kaya akan serat, folat, kalium, fosfor, vitamin A, C, E dan K. sayuran asparagus ini memiliki kandungan folat yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi dari masa kehamilan untuk membantu pembentukan  sel-sel DNA Calon Bayi hingga masa menyusui untuk memperlancar ASI sang bunda.

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Popular stories

Mengambil Gambar dari Blog Lain. Apakah Melanggar Hak Cipta?

2juh.com - Berita Teknologi | Bagi para blogger pemula, masalah yang seringkali dihadapi selain membuat konten berkualitas juga penggunaan gambar untuk membuat...

Perawatan Kulit Yang Aman Bagi Ibu Hamil

2juh.com - Berita Kesehatan | Bagi kebanyakan wanita, perawatan rutin untuk kulit wajah seperti...

Daun Pepaya Jepang. Apakah Layak Untuk Dikonsumsi?

2juh.com – Berita Kesehatan | Popularitas tanaman ini sebagai lalapan maupun sayuran konsumsi sehari-hari mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Selain karena mudah sekali tumbuh di...
Share This
Open chat
Powered by