2juh.com – Berita Kesehatan | Popularitas tanaman ini sebagai lalapan maupun sayuran konsumsi sehari-hari mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Selain karena mudah sekali tumbuh di Negara-negara tropis, tanaman ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu pula, beberapa kalangan masyarakat memercayai bahwa daun papaya jepang ini juga bermanfaat sebagai tanaman obat.

Daun Pepaya Jepang merupakan jenis tanaman perdu yang berasal dari Amerika Tengah, tepatnya Meksiko. Di negara asalnya, tanaman semak-semak ini dipanggil dengan sebutan “Chaya”. Tanaman ini dipergunakan oleh penduduk lokal setempat (di Negara asalnya) sebagai tanaman obat, tanaman hias, serta tanaman konsumsi.

Penduduk Indonesia menyebut tanaman ini sebagai daun papaya jepang karena karakteristik daunnya yang menyerupai daun pepaya. Selain itu, sebutan ‘Jepang’ digunakan karena identik dengan ukuran yang kecil atau tanaman ini memiliki ukuran tinggi yang pendek tidak seperti pohon pepaya. Sebutan ini pada akhirnya melekat pada tanaman ini, meskipun Negara asalnya bukan dari Jepang.

Kandungan manfaat Daun Pepaya Jepang yang perlu diketahui:

Kandungan nutrisi dari daun pepaya jepang cukup tinggi, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat menjadi lalapan pelengkap nasi ataupun sebagai tanaman obat. Masyarakat di beberapa Negara telah memercayai bahwa daun pepaya jepang bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam.

Daun pepaya jepang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dibandingkan dengan banyak tipe sayuran lainnya. Selain kandungan vitamin C, daun pepaya jepang juga memiliki lebih banyak serat, protein, dan zat besi. Karena itu, mengonsumsi daun pepaya jepang dalam kadar yang tepat dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Sebaliknya, konsumsi yang berlebihan justru akan membawa dampak buruk bagi tubuh. Beberapa manfaat dari daun pepaya jepang adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata. Daun pepaya jepang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Hanya dengan mengonsumsi 100 gram daun pepaya jepang, individu sudah memenuhi 27% kebutuhan vitamin A hariannya. Mengonsumsi vitamin A harian dalam jumlah yang cukup mampu mencegah kerusakan mata, terutama akibat dari penambahan usia seseorang.
  2. Menambah Darah dan Mencegah Anemia. Selain memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, daun pepaya jepang juga kaya zat besi. Zat besi adalah unsur penting bagi tubuh yang mampu memberikan pencegahan terhadap penyakit anemia, serta dapat menambah darah. Daun pepaya jepang memiliki kandungan zat besi sebanyak dua kali lipat lebih banyak daripada daun bayam, yang berarti bahwa khasiat daun ini dalam menambah darah dan mencegah anemia jauh lebih baik dibandingkan bayam.
  3. Menguatkan Tulang dan Mencegah Pengeroposan. Daun pepaya jepang juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Mengonsumsi daun pepaya jepang sebanyak 100 gram dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian hingga 30%. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kekuatan otot, tulang, jantung, dan sarat-saraf tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
  4. Memperkuat Massa Otot dan Jantung. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, kandungan kalsium di dalam daun pepaya jepang berfungsi untuk menjaga kekuatan otot dan fungsi jantung. Daun pepaya jepang juga memiliki kandungan protein yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan protein bagi otot dan jantung. Hanya dengan mengonsumsi 100 gram daun pepaya jepang setiap hari sudah mampu memenuhi 12 hingga 15 persen kebutuhan protein harian.
  5. Melancarkan Pencernaan. Daun pepaya jepang kaya akan serat. Kandungan serat di dalamnya 2x lipat lebih banyak dari pada bayam dan sayuran lainnya. Serat mampu mengeraskan feses karena serat berfungsi memadatkan feses di dalam tubuh, sehingga mampu memperlancar pencernaan dan mengatasi sembelit.
  6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Daun pepaya jepang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan yang kuat yang dapat meningkatkan dan menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh.

Efek Samping Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang Secara Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan selalu berdampak negatif, sama halnya dengan mengonsumsi daun pepaya jepang. Meskipun memiliki banyak kandungan nutrisi, protein, dan zat-zat penting yang bermanfaat bagi tubuh, daun pepaya jepang juga memiliki kandungan senyawa berbahaya. Daun pepaya jepang memiliki kandungan zat sianogen glikosida yang dapat mengeluarkan senyawa racun sianida (racun HCN) jika dikonsumsi secara tidak tepat.

Mengosumsi daun pepaya jepang dengan cara yang salah dapat memicu terjadinya keracunan. Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa sianogen glikosida (racun HCN) perlu untuk dinetralkan, karena senyawa ini adalah satu-satunya pemicu efek samping dari mengonsumsi daun pepaya jepang.

Cara menetralkan kandungan sianogen glikosida di dalam daun pepaya jepang juga tidaklah susah. Daun pepaya jepang harus direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Jangan sekali-kali memakan daun pepaya jepang dalam kondisi mentah, karena masih mengandung zat sianogen glikosida yang dapat menyebabkan keracunan bagi orang yang mengonsumsinya. Sangat disarankan merebus daun pepaya jepang selama minimal 15 – 20 menit. Karena itu, daun pepaya jepang ini banyak dijadikan lalapan pendamping nasi oleh masyarakat.