Kehadiran si buah hati pasti sangat ditunggu-tunggu kelahirannya oleh ayah dan bunda. Begitu banyak persiapan yang perlu untuk dilakukan mulai dari pencarian nama, mendekorasi kamar, sampai mempersiapkan kebutuhan pelengkapan pakaian jauh-jauh hari sebelum anak lahir.

parenting.firstcry.com

Pakaian bayi terlihat sangat menggemaskan bagi sang bunda, apalagi bagi ayah dan bunda yang baru pertama kali menantikan kehadiran buah hati. Terkadang orang tua bisa kalap membeli perlengkapan pakaian dan aksesoris bayi, padahal pertumbuhan si kecil begitu cepat, sehingga resikonya baju yang dibeli hanya bisa dipakai beberapa kali saja.

Pemilihan pakaian bayi terutama untuk bayi yang baru lahir harus benar-benar diperhatikan karena pada bayi yang baru lahir kulit bayi sangat tipis, bahkan terkadang urat-uratnya sangat terlihat. Oleh karena itu, pemilihan bahan pakaian harus yang nyaman dan aman. Aman dalam artian tidak membahayakan bagi kulit bayi karena kulit bayi masih sangat tipis dan belum memiliki lemak seperti orang dewasa.

Berikut ini tips dalam memilih pakaian bayi yang baru lahir:

  1. Pilih bahan yang nyaman, bayi yang baru lahir menghabisakan waktunya sebagaian besar dengan tidur. Jika bunda ingin membeli baju bayi hindari pemilihan baju dengan bahan pure nilon, jeans, atau parasut. Bahan-bahan tersebut dapat membuat bayi menjadi gerah dan mudah berkeringat, sehingga hal ini dapat mengundang banyak bakteri. Jangan memilih bahan yang keras dan terlalu kasar karena dapat membuat kulit bayi iritasi. Sebaiknya pilih bahan yang lembut dan halus seperti bahan katun, karena selain lembut katun juga mampu menyerap keringat sehingga terhindar dari iritasi.
  2. Pilih ukuran yang bervariasi. Karena pertumbuhan bayi sangat cepat, jangan membeli baju hanya dengan satu ukuran. Lebih baik beli pakaian yang mempunyai ukuran lebih besar, karena biasa bunda belum tau ukuran bayi bunda ketika masih didalam perut. Ukuran baju yang lebih besar juga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.
  3. Pililah baju dengan warna yang netral. Ketika membeli pakaian bayi, selain membeli dengan kualitas yang bagus usahakan membeli dengan warna-warna yang netral.
  4. Bagian leher baju bayi harus sederhana. Sebisa mungkin tidak menggunakan kerah baju pada bayi yang baru lahir karena dapat membuat ketidaknyamanan bayi dan kesulitan bergerak pada bayi bunda.  Selain itu model baju yang memliki ukuran yang kecil atau ketat dapat  menyulitkan ketika melepas atau mengganti pakaian, sehingga mambuat bayi menjadi rewel .
  5. Pakaian harus dapat dibuka dari sisi depan atau penggunaan kancing depan, ini dapat membantu memasang dan mengganti pakaian.