2juh.comBerita Teknologi | Bagi para blogger pemula, masalah yang seringkali dihadapi selain membuat konten berkualitas juga penggunaan gambar untuk membuat konten yang disajikan dapat lebih menarik untuk dilihat dan dibaca oleh pengunjung. Sebagian besar blogger pemula akan menggunakan gambar dengan menyadur dari blog lain dan kurang menyadari tentang pelanggaran hak cipta.

Hak cipta menjadi bentuk pelanggaran serius terutama jika blog yang melakukan pelanggaran adalah blog yang dimonetisasi untuk tujuan memeroleh penghasilan. Sumber penghasilan para blogger yang paling popular adalah Google Adsense. Google sendiri merupakan search engine (mesin pencari) yang menampilkan berbagai gambar gratis yang bersumber dari berbagai blog dan website.

Meskipun berbagai gambar dapat dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari ini, tidak semua gambar tersebut dapat di gunakan ulang (re-use) secara sembarangan. Banyak foto atau gambar yang disajikan mengandung hak cipta. Hak cipta menjadi tolak ukur yang menandakan bahwa gambar yang disajikan tidak boleh disadur dan digunakan kembali, terutama untuk tujuan komersil.

Hal ini dirasa sangat wajar, mengingat waktu, upaya, energi yang dikorbankan untuk memperoleh gambar yang berkualitas tidaklah mudah. Untuk mengurangi tingkat plagiasi konten gambar di mesin pencarinya, google menetapkan aturan yang ketat melalui alogaritmanya, terutama bagi blog yang terdaftar sebagai mitra mereka. Pemilik gambar yang merasa dirugikan karena gambarnya digunakan oleh blogger atau content creator dapat melaporkan tindakan tidak menyenangkan yang dialami apabila pengguna yang melakukan pelanggaran menjadi mitra google.

Google sendiri sudah membuat Term and Condition, khususnya berkaitan dengan hak cipta (dapat dilihat pada link ini). Dalam aturan tersebut, google secara jelas menyatakan bahwa “tidak diperkenankan menggunakan foto orang lain tanpa izin). Meskipun demikian, google sendiri memberikan solusi bagi blogger dan content creator untuk tetap bisa memeroleh gambar secara gratis tanpa harus khawatir dengan pelanggaran hak cipta. Cara mengambil gambar di google yang bebas dari pelanggaran hak cipta adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama masukkan keyword gambar yang ingin kita cari pada mesin pencari https://www.google.com/
  2. Klik pengaturan (setting) pada bagian kiri atas dan pilih advance search.
  3. Setelah itu akan muncul opsi lanjutan di mesin pencari google untuk pencarian gambar.
  4. Lihat pada bagian bawah kemudian pilih usage right (hak penggunaaan).
  5. Pilih free to use or share atau free to use or share, even commercially.
  6. Muncul gambar-gambar yang dapat digunakan secara bebas tanpa khawatir terkena pelanggaran hak cipta.

Selain itu, beberapa website juga memberikan konten gambar gratis yang dapat diunduh dan digunakan kembali. Situs penyedia gambar gratis tersebut, antara lain:

  • flickr.com
  • pexels.com
  • pixabay.com
  • stocksnap.io
  • freedigitalphotos.net
  • bigstockphoto.com
  • morguefile.com
  • freephotosbank.com
  • freeimages.com

Usahakan menggunakan gambar yang disediakan pada web tersebut yang belum memiliki watermark. Karena pada umumnya watermark menjadi simbol hak cipta bagi pemilik gambar.