Pentingnya Inisiasi Menyusu Dini (IMD) Bagi Ibu dan Bayi

Related Articles

2juh.comBerita Kesehatan | IMD (Inisiasi Menyusu Dini) merupakan metode mendekatkan bayi ke tubuh ibu untuk pemberian asi. IMD dilakukan segera setelah bayi baru saja dilahirkan atau setidaknya 1 jam setelah bayi dilahirkan. Proses IMD saat ini diiupayakan dilakukan dengan berbagai fasilitas dan tenaga kesehatan, karena proses IMD ini sangat bermanfaat. Pada prosses IMD, ibu sebaiknya tidak menjejalkan puting susu ke dalam mulut bayi. Akan lebih baik  jika bayi dibiarkan menjilati kulit ibu, kemudian bayi menemukan sendiri puting susu ibu. Biasanya bayi yang diberi kesempatan untuk IMD tidak diberi baju agar kulitnya melekat pada kulit ibu. Bayi kemudian biasanya dalam gerakan merayap, menendang-nendang perut ibu terus kearah dada mencari puting payudara. Proses inilah yang merangsang kontraksi Rahim, membantu pengeluaran plasenta dan mengurangi pendarahan sesudah melahirkan dan juga dapat mengempeskan perut ibu pasca melahirkan dengan cepat.

Selama proses IMD inilah bayi dapat menelan Bakteri baik (non phatogen) dari kulit ibu. Bakteri inilah yang akan melindungi usus bayi sejak dini. Sentuhan kulit antara ibu dan bayi juga dapat memberikan rasa nyaman, tenang dan kehangatan bagi bayi sehingga mengurangi resiko hipotermia. Ketika mulut bayi berada di puting ibu secara otomatis bayi dapat menghisap dan ini merupakan bentuk rangsangan untuk mengeluarkan hormone prolactin dan oksitosin. Hormon ini  berfungsi untuk menghasilkan asi yang berisi cairan kolostrum yang memiliki begitu banyak manfaat untuk kehidupan bayi.

IMD (Inisiasi Menyusu Dini) sangat membantu dalam keberlangsungan pemberian Asi Ekslusif selama periode 6 bulan pertama atau selama 2 tahun, selain itu, IMD sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan dapat menurunkan persentasi bayi yang meninggal sebelum usia  satu bulan.

Kebijakan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan UNICEF, serta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sangat merekomendasikan IMD sebagai tindakan penyelamatan kehidupan. Lebih dari itu, pemerintah juga mendukung kebijakan ini dengan mengeluarkan peraturan pemerintah (PP)  Republik Indonesia No.33 Tahun 2012 tentang pemberian ASI Ekslusif. PP ini menjamin pemenuhan hak bayi untuk mendapatkan sumber  makanan yang terbaik sejak dilahirkan sampai berusia enam bulan. Pasal 9 ayat 1jelas  mengatur tenaga kesehatan dan penyelenggara fasilitas  pelayanan kesehatan wajib melakukan IMD terhadap bayi kepada ibunya paling singkat selama satu jam setelah dilahirkan.   

www.thequikchik.com

Tahap-tahapan proses dari IMD:

  1. Petugas kesehatan, dokter, atau bidan yang membatu ibu dalam proses bersalin akan melakukan proses penanganan bersalin sesuai prosedur segaimana seharusnya dan seperti biasanya begitu juga dengan proses Sesar (SC).
  2. Setelah bayi lahir, petugas kesehatan atau bidan langsung menyambut bayi dan mengeringkan badan bayi secepatnya tanpa menghilangkan vernix atau lapisan kulit putih yang menempel pada bayi.
  3. Bayi akan diletakkan dalam kondisi tengkurap pada dada atau perut ibu, kondisi ini dapat menumbuhkan ikatan kasih sayang antara ibu dan anak dan mencegah terjadinya hipotermia atau suhu tubuh rendah pada bayi, jika diperlukan badan ibu dan bayi dapat diselimuti.
  4.  Bayi yang tadinya dalam posisi tengkurap dibiarkan untuk mencari puting payudara ibu dengan sendirinya, karena pada dasarnya bayi mempunyai naluri yang kuat untuk mencari puting susu ibu. Namun ibu juga perlu mendukungnya dengan posisi  tubuh yang benar dan biasanya juga para tenaga kesehatan akan turut membantu dalam proses IMD ini.
  5. Dalam proses menyusu dini ini bayi dibiarkan tetap melekatkan tubuhnya di atas badan ibu sampai proses menyusu selesai.
  6. Setelah proses menyusu selesai, barulah kemudian anak dipisah oleh ibu untuk di timbang berat badan, diukur, di cap, diberi vitamin, tetes mata dan terakhir dipakaiankan pakaian.

Manfaat dari IMD

  1. Memberikan kolostrum  untuk bayi. Kolostrum adalah makanan pertama untuk bayi yang keluar dari payudara ibu sebelum air susu ibu (ASI). Kolostrum ini  diproduksi  sejak  masa kehamilan, hingga 2-4 hari setelah melahirkan. Warna kolostrum sedikit berbeda denga nasi. Kolostrum berwarna kuning keemasan dan bertekstur lebih kental. Kolostrum juga mempunyai manfaat lain yang sangat bermanfaat untuk bayi yaitu:
    • Kaya akan kandungan vitamin A , yang dapat melindungi mata dan mengurangi infeksi pada bayi;
    • Mengandung growth factors untuk membantu perkembangan usus bayi;
    • Dapat merangsang bayi untuk mengeluarkan mekonium melalui kotoran, sehingga resiko bayi terkena penyakit kuning dapat berkurang.
  2. Melatih keterampilan bayi dalam menyusu. Proses IMD akan membuat bayi merasa nyaman tenang berada di dekapan atau pelukan ibu sambal mendengar denyut jantung ibu bayi akan merasa tenang dan dapat melatih indra penciuman bayi dengan baik sehingga bayi dapat mencari puting dengan penciuman.
  3. Melindungi bayi dari penyakit. IMD akan memberikan bayi ASI Kolostrum yang mengandung zat kekebalan tubuh hingga dapat mencegah  bayi mengalami diare dan alergi dan ASI juga merupakan nutrisi yang sangat diperlukan bayi dalam 6 bulan kehidupan pertamanya.
  4. Menurunkan resiko kematian bayi. Proses IMD ini mulai dari kontak antara kulit ibu dan bayi, pemberian kolostrum pertama yang dihasilkan ibu dalam tes pertama asi selama 1 jam kelahiran dapat menurunkan resiko kematian bayi pada bulan pertama kehidupannya.
  5. Mengurangi pendarahan ibu. Ketika bayi menghisap puting susu ibu, hormon oksitoksin pada ibu akan keluar yang dapat membuat Rahim berkontraksi sehingga dapat mengurangi pendarahan yang dialami ibu.

Banyaknya manfaat dari IMD sangat dirasakan ibu terutama bagi bayi pada kehidupan pertamanya. Bayi akan terlatih  menyusui sehingga produksi ASI ibu  baik dan cukup untuk proses pemberian asi ekslusif. Hal terpenting dari proses IMD yaitu memberikan kondisi kesehatan yang optimal bagi ibu dan bayi.

More on this topic

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Popular stories

Diperkosa Di Kebun Tomat, ABG Asal Cimahi Akhirnya Meninggal Dunia

2juh.com - Berita Terkini | Wanita ABG yang ditemukan oleh warga di kebun tomat pada tanggal 29 Januari lalu akhirnya meninggal dunia...

5 Sayuran Hijau Yang Mampu Meningkatkan Produksi ASI

Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya asupan makanan bagi bayi yang baru lahir. Asi juga memiliki sejuta manfaat untuk kehidupan buah hati...

Partisipasi Pemerintah RI dalam Memberikan Bantuan Kepada China dalam Memerangi wabah Pneumonia Corona

2juh.com - Berita Terkini | Banyak negara yang turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan kepada RRC sebagai bentuk kepedulian mereka atas wabah Pneumonia...
Share This
Open chat
Powered by