2juh.comBerita Terkini | Banyak negara yang turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan kepada RRC sebagai bentuk kepedulian mereka atas wabah Pneumonia Corona. Negara yang turut serta dalam memberikan bantuan bagi RRC antara lain adalah Korea Selatan (ROK), Jepang, Inggris, Prancis, Turki, Pakistan, Kazakhstan, Hongaria, Iran, Belarus, dan juga Indonesia.

Atas partisipasi pemerintah RI dalam memberikan dukungan dan simpati atas wabah Pneumonia Corona, pemerintah China sangat mengapresiasinya. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying pada Hari Senin (03 Februari 2020) menyatakan bahwa pemerintah China sangat membutuhkan bantuan peralatan medis, seperti alat pencegahan dan kontrol, masker, pakaian pelindung dan kacamata keselamatan serta barang-barang lainnya. Dampak dari penyebaran yang masif dari wabah pneumonia corona telah menimbulkan permintaan yang tinggi dan kebutuhan yang besar dari pakaian pelindung kesehatan dan peralatan sejenis lainnya.

Hingga berita ini di lansir, jumlah korban meninggal yang disebabkan oleh wabah virus corona telah mencapai 493 kasus, dengan total jumlah korban yang terinveksi sebanyak 24.622 kasus. Dari korban yang terinveksi tersebut, jumlah korban yang dalam kondisi kritis adalah sebanyak 3.223 orang (13%). Meskipun demikian, sebanyak 990 orang dinyatakan pulih dari infeksi virus corona.

Penyebaran wabah pneumonia corona sejauh ini sudah menjangkau 26 negara, yang meliputi USA, Australia, Inggris, India, Filipina, Finlandia, Italia, Jerman, Kamboja, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Prancis, Russia, Singapura, Spanyol, Sri Lanka, Swedia, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab. Baru-baru ini, Belgia juga melaporkan salah satu warganya yang positif terjangkit virus corona.